Segarnya Tahu Gejrot

Pernah makan Tahu Gejrot? Bagi yang belum familiar pasti akan berpikir apakah itu tahu yang kena gejrot? Tentu tidak!  Justru lidah kita yang bakal kena gejrot kuahnya yang pedas dan manis saat menyantapnya. Seperti apakah Tahu Gejrot itu?

Tahu Gejrot adalah hidangan sederhana yang berasal dari olahan tahu.  Jajanan ini merupakan kuliner khas Cirebon, kota kecil dengan kontribusi makanan yang terkenal di seluruh Indonesia.  Tahu Gejrot merupakan sajian yang berupa tahu yang digoreng lalu dipotong kecil-kecil. Dikonsumsi dengan kuah segar yang dibuat dari bawang putih, bawang merah, cabe, garam, gula aren, air, dan kecap manis.  Biasanya disajikan di piring, cobek atau layah  kecil.  Cara mengkonsumsinya yaitu menusuk tahu yang telah dipotong-potong dengan menggunakan lidi atau garpu kecil.

Segarnya Tahu Gejrot

Makanan ini sangat populer. Keunikannya bukan saja tentang rasa namun juga cara penjual membawa dagangannya. Penjual dari kalangan perempuan menjajakan dagangan dengan mengusungnya di atas tampah sedangkan penjual laki-laki membawa dagangannya dengan pikulan. Penjual Tahu Gejrot sangat mudah ditemui karena pada umumnya berkeliling dari satu area ke area yang lain. 

Konsumennya dari anak-anak hingga orang dewasa.  Sensasi rasa Tahu Gejrot yang khas membuat makanan ringan ini bukan saja digemari di Cirebon namun juga di daerah-daerah yang lain seperti Jakarta, Bandung, Depok, Malang dan Surabaya.

Apabila anda adalah penggemar makanan olahan tahu, maka tidak ada salahnya untuk mencoba makanan yang satu ini!  Anda dijamin bakal ketagihan Tahu Gejrot!

No comments:

Post a Comment