Webcam Laptop tiba-tiba Trouble? Disinilah Rahasianya!

Webcam di laptop tiba-tiba trouble saat hendak melakukan video conference tentu bukanlah kondisi yang menyenangkan. Kita bakal panik tingkat dewa! Apa solusi terbaiknya?

Video conference merupakan hal yang sangat lazim dilakukan saat ini.  Meeting maupun presentasi bisa berlangsung secara virtual.  Seorang kepala divisi di sebuah perusahaan dapat berinteraksi dengan anak buahnya yang tersebar di berbagai kota selayaknya duduk satu meja.  Begitulah  kemudahan dari sebuah inovasi! 

Normalnya saat webcam di on kan, maka wajah di depan kamera lah yang akan langsung terpampang nyata. Namun jika wajah peserta meeting tiba-tiba tergantikan dengan gambar seperti di bawah ini, bagaimana cara mengatasinya?


Pemrograman komputer mengenal istilah bug, saat salah satu kodenya tidak berjalan dengan semestinya.  Tentang kasus webcam ini, sebenarnya bukanlah termasuk bug.  Gambar tersebut adalah output default dari driver virtual Magic Camera.   Kondisi yang sebenarnya terjadi adalah driver webcam tidak menemukan konten yang dapat ditampilkan, maka gambar inilah yang akan nampak di webcam.

Tips sederhana untuk mengatasi masalah ini adalah :
•    Mengecek driver Magic Camera di Control Panel
Buka control panel, program and features, jika Magic Camera belum terdapat di list program, maka sebaiknya kita mendownload dan menginstallnya

•    Setting Webcam
Buka webcam di laptop, pilih driver output yang hendak digunakan (dalam hal ini Magic Camera). Pilih juga resolusi layar yang kita inginkan.

•    Aktifkan Magic Camera
Kita aktifkan Magic Camera yang sudah diinstall.

•    Buka video conference yang digunakan
Misal kita menggunakan web-ex sebagai media video conference, maka klik icon kamera sehingga berwarna hijau sebagai tanda kamera telah aktif.  
Lihatlah hasilnya!
Jika gambar tak dikenal tadi sukses tergantikan dengan wajah manis kita, berarti troubleshouting yang kita lakukan sukses! :)

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

No comments:

Post a Comment