Diet Food Combining, Diet tanpa Rasa Lapar

Berat badanmu adalah apa yang kamu makan!
Makanan merupakan salah faktor yang menentukan berat badan seseorang.  Mengapa?  Karena makanan mempunyai sifat menguntungkan dan merugikan bagi tubuh. Dikatakan menguntungkan karena tubuh sangat membutuhkan nutrisi yang terdapat pada makanan, sedangkan yang merugikan jika makanan tidak mudah dicerna, mengendap menjadi tumpukan lemak bahkan menjadi racun bagi tubuh.  Salah satu cara terbaik untuk mengurangi kelebihan berat badan yaitu dengan melakukan diet food combining.  Apa sebenarnya diet food combining?

Food Combining
[pondokibu.com]

Diet food combining adalah diet dengan pola konsumsi yang memadukan protein hewani dan sayur pada saat makan.  Mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan protein pada satu waktu sangatlah tidak baik karena dapat membentuk makanan yang bersifat asam basa dan berdampak negatif pada proses pencernaan. Proses pencernaan merupakan aset vital tubuh yang harus senantiasa dijaga karena dapat mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan.  

Diet food combining sejatinya menerapkan keseimbangan pada beberapa hal yaitu :
1. Pola makan alami
Pelaku diet ini tetap menerapkan pola konsumsi 4 sehat 5 sempurna dengan memperhatikan siklus pencernaan yang mempunyai intensitas berbeda antara pagi, siang dan malam.

2. Siklus alami tubuh
Tubuh mempunyai aktivitas biologi tanpa henti selama 24 jam. Terdapat 3 siklus pencernaan berdasarkan fungsi tubuh yang bekerja secara simultan setiap 8 jam sehari yaitu :
a. Pukul 12.00 – 20.00    :  Pencernaan
b. Pukul 20.00 – 04.00    :  Penyerapan
c. Pukul 04.00 – 12.00    :  Pembuangan

3. Keseimbangan asam basa
Tubuh mempunyai waktu cerna makanan yang berbeda-beda, maka keseimbangan asam basa makanan harus diperhatikan agar tubuh selalu sehat.

Makanan yang direkomendasikan dalam metode diet ini adalah makanan alami seperti buah dan sayur segar tanpa proses pengolahan.  Pelaku diet ini tidak akan merasa lapar meski tidak ada pembatasan kuantitas makanan yang dikonsumsi.  Titik fokus diet ciptaan Dr.William Howard Hay ini adalah netralnya kondisi pH dalam darah yang diperoleh melalui proses :
1. Pemilahan makanan
2. Pemilihan kombinasi makanan
3. Mengkonsumsi makanan pada waktu yang tepat

Prinsip kerja diet food combining
1. Konsumsi buah 1x di pagi hari
2. Pemisahan makanan karbohidrat dan protein hewani
3. Mengunyah makanan dengan perlahan-lahan
4. Memasukkan sayuran segar dalam menu konsumsi harian
5. Tidak makan sambil minum karena akan menyebabkan kembung

Keselarasan antara mekanisme alamiah fungsi tubuh dengan makanan bertujuan agar penggunaan energi lebih efisien dan kerja sistem pencernaan tidak terbebani.

No comments:

Post a Comment