Merokok itu Keren? Kenali Bahayanya!

Bahaya Rokok
[obatoles123.com]

Merokok itu keren?  Tidak sama sekali!  Mengapa? Sebuah aktivitas yang bukan saja membahayakan diri sendiri namun juga berdampak tidak baik bagi kesehatan orang lain, masihkah bisa disebut keren?  

Perokok aktif selalu beranggapan bahwa efek samping rokok adalah resiko yang harus ditanggungnya sendiri kelak.  Paradigma ini salah besar!  Bahaya rokok tidak memilih korbannya. Hasil penelitian dari American Journal of Public Health tentang 42000 perokok pasif dan 900 bayi meninggal  merupakan indikasi bahwa betapa seriusnya dampak rokok bagi kesehatan semua orang.

Sosialisasi tentang bahaya rokok sangat gencar dilakukan oleh semua pihak.  Salah satunya dilakukan oleh WHO pada peringatan Hari Kanker Internasional.  Data WHO menyatakan bahwa 20% dari 8,2 juta orang meninggal karena budaya merokok.  Tembakau pun dideklarasikan sebagai penyebab tunggal penyakit Kanker. 

Alasan sosialisasi itu sangatlah mendasar yaitu karena terdapatnya 200 jenis dari 700 zat kimia yang bersifat karsiogenik pada sebatang rokok sehingga menyebabkan  :
a. Kerusakan gen
b. Gangguan pernafasan
c. Gangguan janin pada ibu hamil
d. Pengerasan pembuluh darah
e. Penyakit Jantung
f.  Penyakit Paru-paru
g. Penyakit mulut
h. Diabetes
i.  Penyakit Kanker
j.  Kanker mulut
k. Menopause dini
l.  Kebutaan
m.Impotensi
n. Kematian
o. Kerusakan pita suara
p. Gangguan pada ginjal
q. Kanker Serviks
r. Kerusakan jaringan pada otak
s. Penyempitan pembuluh darah
t. Kecanduan
u. Keracunan pada darah
v. Batuk yang tidak sembuh pada waktu lama

Salah satu hal lagi yang harus kita ketahui yaitu bahwa asap rokok yang dibiarkan terbawa udara tanpa dihisap merupakan racun rokok terbesar!  Hal itu karena tidak sempurnanya proses pembakaran tembakau pada rokok.  Kandungan zat berbahaya lainnya dalam rokok seperti benzen, nikotin, nitrosamin, senyawa amin, aromatik, naftalen, amonia, oksidan sianida, karbon monoksida, benzapirin jika terus dibiarkan mengendap pada saluran nafas, maka akan melekat dan bertahan lebih dari 3 tahun dalam tubuh. Wow!

Setelah mengetahui bahaya rokok bagi kesehatan tubuh, masih mau bilang kalau merokok itu keren?

No comments:

Post a Comment