Simpang Lima Gumul Secantik Arc de Triomphe



Arc de Triomphe disebut juga sebagai gapura kemenangan. Monumen tersohor di Paris itu memang didedikasikan untuk perjuangan tentara Perancis.  Pernahkah terbayang jika bangunan serupa juga ada di Kediri?

Seperti halnya Paris, Kediri juga mempunyai monumen Simpang Lima Gumul (SLG) yang tak kalah cantiknya.  Bangunan megah ini berada ± 6 km dari kota Kediri. Tepatnya berlokasi di desa Tugurejo, kecamatan Gampengrejo, Kediri. Simpang Lima Gumul merupakan titik pertemuan lima jalur dari Malang, Plosoklaten, Kediri, Blitar dan Jombang.

Luas bangunan Monumen Simpang Lima Gumul adalah 804 meter persegi dan tinggi 25 meter yang terdiri atas 6 lantai serta bertumpu pada 3 tangga setinggi 3 meter dari lantai dasar. Angka luas dan tinggi monumen merupakan hari jadi Kabupaten Kediri yaitu tanggal 25 Maret 804 Masehi.   Apabila berada di atap monumen maka kita akan bisa menikmati panorama kota Kediri.

Pahatan relief di sisi monumen merefleksikan sejarah Kediri hingga kesenian dan kebudayaan terkini.  Terdapat juga patung Ganesha di salah satu sudut monumen. Di dalam bangunan monumen terdapat :
1.    Gedung utama dengan ruang-ruang pertemuannya
2.    Ruang auditorium yang berada di lantai atas dan beratap mirip kubah (dome)
3.    Ruang serba guna di bawah tanah (basement)
4.    Diorama di lantai atas
5.    Minimarket dan toko beragam souvenir di lantai bawah
6.    Tiga akses jalan bawah tanah menuju monumen

Jalan Bawah Tanah sebagai Akses ke Monumen
[initempatwisata.com]

Monumen Simpang Lima Gumul diproyeksikan sebagai New City bagi Kabupaten Kediri karena merupakan sebuah kawasan integral dengan sub-terminal Gumul, wisata air Gumul Paradise Island, Bank Daerah dan pasar temporer Sabtu Minggu (Tugu) serta menjadi pusat perdagangan dan rekreasi.

Gumul Paradise Island
[kabkediri.blogspot.co.id]

No comments:

Post a Comment