Suka Menulis? Buka Jasa Penulis Artikel Saja!

Apa anda suka menulis?  Jika iya, mulai sekarang niatkan hobi itu sebagai ladang rupiah.  Bagaimana bisa?  Buka jasa penulis artikel saja!

Saat ini profesi seorang penulis tidak boleh dipandang sebelah mata.  Artikel yang menarik dan membuat pembaca betah menelusuri setiap kata juga tidak tertulis begitu saja.  Ada perpaduan proses kreatif, daya imajinasi tinggi serta wawasan luas yang menyertai. Kepiawaian memilih dan merangkai kata juga hanya dimiliki oleh seorang penulis.  Berdasarkan hal tersebut jasa penulis artikel dihargai dengan rupiah.

Perkembangan teknologi informasi sangatlah pesat.  Website, blog dan toko online banyak terdapat di dunia maya.  Domain baru terdaftar di setiap detiknya.  Namun tidak semua pemilik website, blog atau toko online mempunyai banyak waktu untuk menulis atau malah kesulitan untuk menuangkan idenya. Hal itu tentu saja merupakan peluang baik untuk membuka jasa penulis artikel. Bagaimana prospeknya?

Prospek dan peluang usaha jasa penulis artikel masih terbentang lebar.  Selama masih ada website baru, maka jasa penulis artikel tetaplah dibutuhkan.  Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk membuka jasa penulis artikel yaitu :
1.    Memilih tema artikel yang disukai
Tema merupakan kekuatan utama sebuah artikel.  Menulis dengan tema yang kita atau pemilik website sukai akan memberikan kepuasan bagi diri sendiri dan konsumen yang menggunakan jasa kita.  Pilihan tema artikel juga hendaklah beragam bisa dari bisnis, kesehatan, teknologi, gadget dan lain sebagainya sehingga kita dapat menulis artikel sesuai dengan yang dibutuhkan oleh konsumen.
2.    Menjaga kualitas artikel
Pemakai jasa penulis artikel pada umumnya adalah pemilik website yang membutuhkan konten untuk website atau blognya. Kualitas artikel ditandai dengan tata bahasa yang baik, tulisan mengalir, kaya informasi, enak dibaca, bersifat unik dan bukan hasil copy paste.  
3.    Menentukan harga artikel
Pada umumnya harga artikel terbagi atas dua pasar yaitu :
•    Artikel bahasa Indonesia
Panjang artikel dari 200-1000 kata
•    Artikel bahasa Inggris
Panjang artikel dari 200-1000 kata

Harga jual artikel mengikuti harga standar yang berlaku, namun harga artikel berbahasa Inggris mempunyai nilai jual lebih tinggi.
4.    Menulis artikel SEO
Artikel yang baik bagi sebuah blog atau website harus mempunyai sentuhan SEO.  Bagaimana menulis artikel SEO?
•    Judul merupakan kata kunci artikel
•    Panjang setiap paragraf adalah empat baris atau sekitar 50 kata. Kata kunci sebaiknya diletakkan di setiap paragraf.
•    Judul terletak di tengah-tengah artikel
•   Memperhatikan keyword density atau kerapatan kata. Misal kita menulis artikel dengan kata kunci kesehatan wajah, maka kita wajib menuliskan kata kesehatan wajah dalam artikel sekitar 10-15 kata. Angka bagi hasil 500 kata dengan kata kunci 10-15 kata, maka keyword density adalah 2%-3%.
5.    Cara menjual artikel
Menjual apapun pasti membutuhkan media untuk memasarkan, begitu pula dengan artikel.  Di era digital ini kita dimudahkan dengan makin suburnya sosial media seperti facebook atau twitter. Cara menjual artikel di sosial media yaitu :
•    Browsing dan bergabunglah dengan grup facebook tempat berkumpulnya para blogger atau agensi naskah, lalu coba tawarkan jasa dan lihatlah feed backnya untuk usaha jasa penulis artikel kita.
•    Menulis artikel di wall facebook dan  share ke grup-grup blogger
Meninggalkan jejak link di grup-grup blogger atau agensi naskah akan memperbesar peluang artikel kita dilirik oleh calon konsumen potensial.
•    Membuat website
Website merupakan media promosi  jasa, baik itu penulisan artikel, posting ke website atau blog dan lain sebagainya.
6.    Konsumen adalah raja
Bagi usaha di sektor jasa, aspek terpenting selain kualitas artikel adalah pelayanan terbaik untuk konsumen. Bentuknya meliputi :
•    Cara berkomunikasi yang baik dengan konsumen
•    Penyelesaian artikel tepat waktu
•    Penulisan artikel sesuai dengan tema yang diinginkan
7.    Mencari Mitra
Saat usaha jasa penulis artikel mulai dikenal banyak orang, maka pesanan akan datang dengan derasnya.  Saat kita merasa tidak sanggup memenuhi semua pesanan, maka itu berarti saatnya kita mencari mitra atau membentuk tim dengan kemampuan penulis yang setara, sehingga semua kualitas pesanan artikel tetap terjaga dan konsumen tak akan berpaling ke jasa penulis artikel yang lain.

Setelah membaca semua informasi, masih tertarik untuk membuka jasa penulis artikel?  Buatlah keputusan segera!

2 comments: