Jembatan Suramadu, Sensasi Melintasi Selat Madura



Ingin merasakan sensasi melintasi Selat Madura? Yuk kita jalan-jalan ke Jembatan Suramadu! Jembatan Suramadu diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 10 Juni 2009. Jembatan yang menghubungkan Pulau Jawa yaitu kota Surabaya dan Bangkalan di Pulau Madura ini berfungsi untuk mempercepat pembangunan infrastruktur dan ekonomi di Pulau Madura serta menekan laju urbanisasi karena adanya pemerataan pendapatan dari Surabaya ke Madura.

Panjang jembatan ini 5438 meter dan menjadikannya sebagai jembatan nasional terpanjang di Indonesia.  Jembatan yang membentang di atas Selat Madura ini mempunyai tiga bagian yaitu jalan layang (causeway), jembatan penghubung (approach bridge) dan jembatan utama (main bridge).

Jembatan berkontruksi kokoh ini terdiri atas empat jalur dua arah selebar 3,5 meter dan dua lajur darurat selebar 2,75 meter serta lajur khusus untuk pengendara motor di sisi luar jembatan.  Tarif yang berlaku untuk roda empat dan truk kecil adalah 30000 rupiah, sedangkan untuk roda dua 3000 rupiah.

Jembatan Suramadu Saat Malam Hari
[Wikipedia]
Lampu-lampu yang menghiasi jembatan saat malam hari menawarkan pemandangan yang indah.  Melintasi jembatan ini baik dengan roda empat maupun roda dua memberikan sensasi rasa yang luar biasa. Jembatan Suramadu pun menjelma menjadi salah satu obyek wisata yang terkenal.  Tak berlebihan jika banyak orang mengatakan ke Surabaya belum lengkap tanpa melintasi Jembatan Suramadu.

No comments:

Post a Comment