Data Flash Disk Hilang? Disini Solusinya!

Semua pengguna komputer tentu tidak asing lagi dengan yang namanya flash disk. Saat ini juga sudah ada harddisk eksternal dengan fungsi yang sama, namun harga masih menjadi salah satu faktor pertimbangan banyak orang saat hendak beralih dari flash disk. Media penyimpan berbagai jenis file yang praktis dibawa ini sebenarnya bernama USB Flash Drive.



Kapasitasnya juga bervariasi, mulai dari 2 GB, 4 GB, 8 GB, 16 GB, 32 GB, bahkan ada yang sudah tera byte. Fungsinya sebagai pemindah dan penyimpan data membuat flash disk sangat rentan terkena virus.

Beberapa waktu yang lalu saya mengalami kejadian kurang menyenangkan saat teman meminjam flash disk untuk menyalin data dari komputer divisi lain.  Setelah dibuka di laptop, ternyata flash disk itu hanya berisi data/file yang ia salin, sementara data saya hilang!

Daripada terus terperangkap dalam rasa panik tingkat dewa, saya pun lalu mengecek kapasitas flash disk di properties dan terlihat bahwa sebagian telah terpakai, namun mengapa datanya tidak ada alias hilang?  

Setelah googling akhirnya saya mengetahui penyebab dan solusinya.  Virus rupanya sedang mengajak saya bermain-main, sehingga data di flash disk kesayangan tersembunyi (hidden). Ok, never mind!  Saya akan melumpuhkannya!  :)

Ada dua langkah yang saya lakukan :
1.Saya mencoba untuk menampilkan file hidden pada folder, dengan cara :
a. Buka windows explorer, pilih organize dan klik folder and search options


b. Klik view – show hidden files, folder and drives -- OK


Cara ini ternyata belum cukup ampuh untuk memunculkan kembali data/file yang hilang.

2. Saya cek dari Command Prompt (cmd), dengan cara :
a. Jalankan program command prompt (cmd):
* Bisa dengan mengetik kata CMD pada form pencarian.


 *Atau mengklik tombol Start -- All Programs -- Accessories -- Command Prompt



 b. Kita lihat flash disk terbaca di drive apa.  Pada kasus saya, flash disk terbaca di drive F, maka ketik F: enter


c. Kemudian ketik attrib(spasi)-s(spasi)-h(spasi)*.*(spasi)/s(spasi)/d, atau : 
attrib -s -h *.* /s /d , dan Enter.


d. Tunggu beberapa saat hingga proses selesai dan data/file muncul.
e.  Buka windows explorer dan lihat isi flash disk, data/file sudah muncul lagi

Keterangan :
Attrib = attribute atau sifat dari suatu file
-s = supaya file kembali dikenal oleh windows
-h = untuk menampilkan kembali file yang tersembunyi/disembunyikan
/s /d = perintah attrib akan dikenakan pada semua file dan folder yang berada di dalam direktori tersebut

Sebuah masalah terkadang memberikan solusi yang berlian bukan?

No comments:

Post a Comment